Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Selasa, 08 Oktober 2013

Tingkat Empat: Tampang Tua yang Gampang Ngerut

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai pembaca! Apa kabar semua? Mudah2an pada baik2 semua ya. Sehat semua. Dan salam hangat buat yang belum mau membaca, dan bahkan yang gak mau baca blog ini sama sekali. :D

Ya.. Sesuai sama judulnya... Gue saat ini sudah masuk ke semester 7, yang artinya ialah: mahasiswa tingkat empat alias tingkat akhir secara normatif. Normatif artinya apa? Cari di kamus ya. Kalo gak ketemu, tanya ke anak antrop selain gue ya, huahuahua XD

Secara normatif itu artinya seharusnya. Lah, gue bilangin juga, ujung2nya ya. Yaudah, lanjut dah.

Iya, saat ini gue udah menjalani tahun terakhir untuk kuliah di antropologi. Jujur aja, selama kuliah terutama buat tingkat ketiga malahan, banyak banget kenangan baik yang gue dapetin. Kenangan baik itu rata2 berbuah ilmu pengetahuan yang membuka cakrawala berpikir gue, sehingga gue semakin terbuka buat membuka pikiran ini itu. Gak semakin terbuka buat membuka baju di tempat umum, ya yang itu pengecualian, gue belum gila kok. (dan jangan sampai gue jadi orang gila, monyong! Jangan doain gue yang buruk2 dong LMFAO XD)

Nah, di samping gue udah lumayan kaya buat ilmu antrop, gue juga semakin menyadari... Ada adek2 kelas gue yang bakalan ngegantiin kejayaan (dan penderitaan) gue. Yang di dalem kurung tadi gak usah dipikirn, deh. Tapi, dipikirn banget (lha).

Adek2 itu... Adek2 pertama, anak 2011... Kemudian adek2 kedua yaitu anak 2012... Dan akhirnya, yang baru aja masuk jadi maba buat tahun 2013 ini... Ya anak Maba 2013... Selamat datang, hai mahasiswa baru, pemuda baru, pejuang baru! Please contribute well in anthropology, then well met! :D

Dan ternyata, tampang gue semakin berkerut alias semakin stres. Karena, stresor alias penarik daya stres juga semakin banyak. Sial, gue kira gue cuma stres di tingkat kedua akibat kebanyakan makan teori ini itu.

Ada beberapa pekerjaan yang mesti gue kerjain di tingkat akhir ini. Pertama, kerjaan praskripsi dan skripsi. Eegh... Kalo ditanya ke semua mahasiswa di seluruh Indonesia (bahkan mungkin di seluruh dunia, gue juga gak tahu kan), semuanya pasti males banget dengerin ini. Kedua, kerjaan himpunan alias organisasi yaitu menjadi mentoring Maba 2013 dan menjadi kepala majalah. Jujur, sekarang gue lagi pusing dan cukup males ngomongin majalah. Rasanya enggak banget deh. Ketiga, tingkat akhir ini gue banyak bantu2 orang yang kerepotan belajar antrop. Yang ketiga ini jujur aja yang paling menyenangkan di antara dua pekerjaan lainnya.

Banyak kerjaan... Banyak stimulan stres.... Tampang makin tua, dan makin ngerut... Itulah diri Ardi Pritadi buat saat ini.

Dulu gue gak ngerasain ini. Palingan pas SMA, itupun pas masa itu energi gue masih banyak. Sekarang ini, badan gue makin tua, dan gue makin gak kuat. Energi gue pas2an. Gue udah gak kuat begadang lagi. Gue udah gak kuat lagi nahan2 emosi negatif (jadi kalau marah ya gue marah. Pas gue SMA soalnya gue gak gitu. Pas gue SMA kalo marah gue diem aja nahan amarah itu). Gue juga udah gak kuat begadang. Kalo ngerjain tugas, gue mesti ketemu sinar matahari dulu biar seger. Asli, dulu mah pas masih SMA gue kuat2 aja abis Tahajud langsung ngerjain tugas sambil nungguin Subuh, dan abis Subuh gue langsung berangkat ke sekolah! What a mighty boy, yo Ardi in the past!

...

Gue harus manfaatin energi seefektif dan seefisien mungkin. Emang sih, usia gue masih 21 tahun. Semua bilang itu adalah usia yang muda. Tapi, gue sendiri bakal berani ngomong kalau gue yang berusia 18 tahun sama gue yang berusia 21 tahun ini ya lebih kuat yang pertama. Yeah, dia - diri gue di masa lalu - merupakan manusia terkuat yang pernah gue kenal. Dan gue kepo banget sama dia.

Karena gue pernah ngerasain langsung menjadi dia. Dan gue menyesal kenapa gue saat ini gak lagi sekuat dia yang dahulu :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar