Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Minggu, 07 Oktober 2012

Uneg2 Gua: 24 SKS dalam Tiga Semester

Selamat malam, teman2 pembaca :D

hari ini gue mau nyampein sebuah uneg2 yang mungkin aja lo ngalamin. Gak ngalamin juga enggak apa2 sih :)

sesuai sama judulnya: gue bener2 ngejalanin 24 SKS di tiga semester berturut2!

Gue ngejalanin itu dari semester tiga alias pas gue lagi tingkat dua. Sekarang gue lagi ngejalanin semester lima. Jadi, gue tetep ngalamin kepadatan yang amat sangat ini: setiap hari MUTLAK MASUK, tugas perminggu MUTLAK ADA, dan sebagainya dan sebagainya -,-

Gini aja sih, okelah gue ngejalanin itu secara penuh banget. Apalagi, gue pribadi juga menyangsikan satu hal: paket. Paket ini, emang punya kelebihan yang mutlak: (cenderung) menghindarkan mahasiswanya dari ketidaklulusan atau mengarahkan mahasiswanya menuju angka kelulusan normal (baca: lulus dalam waktu empat tahun, jangan lama2!).

Tapi, gue juga punya ketidaksetujuan terhadap sistem paket itu loh.

Tahu gak, gara2 paket, gue (dan teman2 seperjuangan gue) jadinya gak bisa nikmatin bebasnya menimba ilmu di universitas. Belanja mata kuliah, alias ngambil dari jurusan tetangga GAK BOLEH. Nolak mata kuliah, GAK BOLEH. Hm.... Padahal, salah satu tujuan gue datang di kampus ini: buat mendalami ilmu sosial bersudut pandang antropologis yang bahasannya gak jauh2 dari sistem pendidikan, konflik sosial, sama macem2 pembentukan nilai (jadilah norma, struktur sosial, sistem sosial, institusi, organisasi sosial, sistem kekerabatan, dan sebagainya). Menyangkut ketiga masalah itu, gue senang sekali!

Lalu....

Gue ambil mata kuliah2 sesuai paket buat minggu ini. Dan... Jeng jeng!! Ada loh beberapa yang gak gue minati: ekologi sama medis! Gue tegang, gue takut. Satu alasan yang terkuat: mereka itu bersinggungan dengan IPA. Sedangkan, gue sangat2 ANTI IPA! Gue IPS SEJATI --> kebukti dari tiga minat yang tadi gue sebutin, kayaknya itu gak ada sangkut pautnya sama IPA banget!!

....


Anyway, gue mesti merasa lega terutama buat medis ini sih. Kalo di medis, untung aja ada sudut pandang CMA (Critical Medical Anthropology). Itu sih intinya gimana caranya kita memandang sistem kesehatan yang ada dalam perspektif konflik atau ekonomi progresifnya Karl Marx. Seru! Di mana ada konflik, di situ masalah ada, dan ketika ada masalah, di situ bisa dijadiin bahan skripsi! *eh kata2 gue yang ini bener apa kagak ya?

Kalo ekologi... Gue nyerah... -,- pasrah aja, mau bagus apa enggak nilainya, yang penting gue lulus -,-

Balik lagi ke judul: 24 SKS dalam tiga semester berturut2. Eneg gue. Beneran. Lo boleh ngomong kalo gue pinter, gue rajin, gue licik, gue tricky, dan sebagainya. Tapi, inget kalo gue juga manusia: gue juga bisa jenuh dan mengeluh, mengeluarkan, menyuarakan uneg2 yang selalu saja tersimpen di hati. Gue juga harus ngeluarin ini secara hati2: emangnya mereka semua yang gue pinta dengerin uneg2 ini MAU DENGERIN GUE? MAU MEMBANTU GUE?

Kalopun membantu, gue anggep bantuan itu hanya jadi sekedar elemen belaka. Dia bisa membantu menyelesaikan masalah, tapi, balik lagi gue sendirilah yang bakal nyelesein masalah itu. Toh, gue yang punya masalah, kenapa mesti orang lain yang repot? Gue aja donk yang repot?

akibat dari kejenuhan itu juga, gue jadi mesti menghadapi hal2 yang merepotkan. Pas liburan kemaren, gue ada masalah terkait kejiwaan gue, Inna lillahi. Gue akhirnya ke intervensi alias konsultasi psikologis yang Kak Titi saranin, yaitu dosennya sendiri yang bernama Mbak Dhela. Haha, Mbah Dhela bener2 baik. Bener2 mau mnegerti masalah gue, dan bener2 ngerapihin apa2 yang mesti gue lakuin.

Mbak Dhela, makasih banyak buat bantuannya. Mbak bener2 nyadarin gue. Dan elemen bantuan ini, benar2 membantu sekali. Sangat. Nah, mbak, gue malu nih. Berhubung gue punya masalah2 seperti dunia kuliah yang padat ini, biar gue aja yang ngelakuin ya? Toh ini juga masalah gue pribadi kok.

Gue ngomong itu di dalam hati.... Soalnya Mbak Dhela itu seakan2 bisa menjadi dewi penolong yang datang di saat darurat. Alas, Mbak Dhela juga manusia! Gue gak boleh banyak2 ngerepotin beliau!

Beliau sudah respect ke gua, toh begitu juga.

Belum lagi cerita2 lainnya. Jujur, tiga semester ini benar2 hal yang berat. Sangat. Tingkat dua merupakan black days bagi gue. Selain padetnya kuliah, gue juga mesti repot2nya ngurusin keponakan (terutama ketika kedua ortunya lagi gak bisa) sama ngurusin nyokap gue yang lagi kena kanker metastase. Masya Allah.

Entahlah, gue bisa survive. Nilai gue bagus sekali (di luar harapan gue malahan), sama gue cuma mau testimoni: Allah Swt TERLAMPAU SAYANG SAMA DIRI GUA. Ya Allah, gue bener2 ngerasa kalo kadar usaha sama halangan rintangan itu ngejomplank (baca: lebih banyak halangan rintangan ketimbang usaha yang gue lakuin! Jujur, tingkat dua kemarin, sekali lagi, bagaikan dua kata bagi gue: chaos and nightmare).

Intinya sih gitu aja. 24 SKS dalam tiga semester berturut2 adalah hal yang gila dan memuakkan lahir batin. Sekalipun itu bisa bikin lo cepet lulus. Tapi, katanya lo bebas buat nimba ilmu apapun di kuliah? Kalo masih terkungkung gini...

Gue harap negara mau bertanggung jawab atas kecelakaan2 yang terjadi apabila hal ini menimbulkan efikasi negatif! Lebih lagi, gue harap hal ini berguna buat diri gua, ini nih, 24 SKS dalam tiga semester berturut2! Soalnya juga, gue juga gak pernah denger ada sistem ini di jurusan lain kecuali kedokteran. Kedokteran kan emang harus paket.

Tapi khusus buat kedokteran: mudah2an kalian juga bisa lulus dengan baik ya? Tenang aja, gue juga ngerti penderitaan kalian dipaketin karena gue juga ngerasain hal yang sama. Udah gitu, mudah2an kalian juga bsia dapetin prospek kerja yang cerah, bernilai, dan menyelamatkan masa depan kalian ya? Mudah2an kita semua sukses, Ya Allah, Kabulkanlah Permohonan Kami!

Dan gue harap: pas gue ambil pascasarjana nanti, paket2an udah gak ada lagi! Gue bebas nimba ilmu, mau ambil yang mana aja boleh. Gue berpikir dan merasa kalau sekolah tinggi setingkat universitas seharusnya memperbolehkan peserta didiknya untuk menimba ilmu sebebas2nya sesuai yang ia minati. Seharusnya.

2 komentar:

  1. smangat gaaan. gw juga kok, bahkan ikut banyak kegiatan organisasi. sukses untuk kita semua ;)

    BalasHapus
  2. thank you very2 much Uda Saiif! Hey, organisasi intra nih masbro? Wah apapun organisasi itu, lakukanlah demi kebaikan kita bersama. Gue salut pula sama lo, salam buat semua dan sukses buat kita semua pada akhirnya! :D

    BalasHapus