Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Sabtu, 21 September 2013

Neue Haifish: Sebuah Kontemplasi Terbaru

Akhirnya, akhirnya, dan akhirnya...

Untuk menyelesaikan perkara Haifish itu... Gue mesti ketemu sama psikolog... Dan, sial banget rasanya kalau hal ini terjadi begini terus... :(

Seperti biasa, psikolog terbaik yang gue tahu ialah Mbak Dhela. Waktu itu beliau pernah mengintervensi Schizoid gue. Alhamdulillah, hasilnya luar biasa baik :D

Gue ketemu sama Mbak Dhela malam itu, 15 September 2013 di Bintaro Plaza. Gue ketemu dengan beliau sambil menunggu kak Titi dan Mama lagi belanja. Benar banget, ini merupakan waktu yang tepat untuk bisa berbincang dengan beliau.

...

Sesampainya di TKP, gue langsung aja menyapa Mbak Dhela dengan hangat. Beliau pun menjawab sambutan gue dengan tidak kalah hangatnya pula. Gue dan beliau kemudian mencari tempat duduk yang bisa ditongkrongin.

Langsung aja, pembicaraan antara gue dengan beliau.

Mbak Dhela: Jadi... Ngomongin soal bokap kandung sama si Tango... Mereka berdua itu, nyebelin banget ya, Di.

Gue: Ugh! I'm so annoyed! I'm so fucked up because of 'em!

Mbak Dhela: Iya2... Tapi, berbicara soal masa depan kamu. Bentar lagi kamu kan dapet sarjana nih. Bentar lagi kamu juga mau kerja. Nah, ada masalah lho buat kerja kamu nanti..

Gue: Maksudnya, mbak?

Mbak Dhela: Pas kamu kerja, kamu bakalan lebih banyak lagi lho, nemuin orang2 yang setipe sama bokap kandung sama si Tango. Ya, orang2 manipulatiflah, cari mukalah, dan sebagainya...

Gue: Wah, gimana dong, mbak?

Mbak Dhela: Iya.. Makanya, kamu mesti persiapin... Kalau kamu enggak kuat di sisi psikologis, kamu mesti tahu dari sisi medikasi. Jadi, masuk ke fisiologis, biar kamu cepat sehat..

Gue: Wah mbak, kalau ketergantungan alias narkotik gimana -,-

Mbak Dhela: Ya enggak.. Kamu kan bakal ditakar secukupnya... Menakarnya itu gak berlebihan... Maksudnya ketergantungan kan menakar dengan berlebihan...

Gue: Wah, serem banget, mbak... Buat yang ini saya kayaknya enggak mau deh...

Mbak Dhela: Tapi, sebisa mungkin coba kamu carikan sendiri ya...

Gue: Oke...

Mbak Dhela: Iya... Terus, kamu selama ini gimana tuh... Energi kamu itu kekuras habis lho, mikirin si Tango dan segala macamnya... Padahal, kamu ke depan2nya butuh tantangan buat dihadapin...

Gue: Ya... Berpikir positif dan melupakannya... Sebenarnya... Misalnya, cari hikmahnya... Kalau saya ada di posisi Tango, ada kemungkinan jaringan pengaman sosial saya kurang baik... Saya beruntung saya bisa dipercaya sama teman2 seperjuangan... Karena merenggut reputasi dan nama baik itu enggak mudah lho, mbak... Kalau melupakannya... Itu yang susah.. Masalahnya, ada beberapa teman yang ngerasa keganggu sama si Tango.

Mbak Dhela: Ooh, teman2nya udah kamu tanyain belum, udah keganggu apa belum?

Gue: Sebagian udah, sebagian lagi belum. Yang udah, mereka semua pada jawab, 'Gak apa2, gue udah biasa disakitin'. Iya sih, dia mungkin udah biasa disakitin, tapi kok saya sendiri sakit ya melihat dia disakitin sama si Tango :(

Mbak Dhela: Ya.. Itu artinya, kamu itu over sensitive... Kamu udah bisa ngerasain duluan... Gini, saran Mbak Dhela, kamu boleh aja empati sama temen. Tapi jangan empati yang lebay. Soalnya, belum tentu teman kamu itu sakit. Dan itu menguras tenaga kamu, banget2an.

Gue: Iya sih, Mbak... Hmm...

Mbak Dhela: Udah, mendingan kamu abaikan ini... Kalo susah buat dilupain, abaikan... Bukan apa2, toh Tango dan bokap kandung juga gak ngurusin hal yang beginian... Mereka semua gak nyadar kalo kamu sakit hati banget kan? Sedang, kamu udah nguras energi, tenaga kamu buat nyelesein masalah ini tapi gak pernah kesampaian... Ya enggak? Inget lho, mereka belum tentu mau nguras energi buat nyelesein masalah ini, ya gak? Makanya, pendapat Mbak Dhela aja nih, sebenernya si Tango itu kalau diajak debat buat memperbaiki diri kayak kemarin... Itu sia2... Karena, dia gak bakalan mau nguras energinya buat nyelesein perkara naas itu... Malah, mungkin aja dia ngajak kamu debat biar dia bisa ngegodain kamu, buat gimana caranya dah biar energi kamu makin lama makin kekuras...

Dalam hati gue: UH-OH.... BENER JUGA....

Gue: Iya... Hehe, berarti, saya mesti lebih mikirin masa depan ya... Dan, anggep aja yang udah lampau itu... Pendewasaan diri ya...

Mbak Dhela: Iya... Dan kamu harus tahu, belajar jadi dewasa itu gak pernah bisa dihentikan lho. Kalo belajar, ya terus belajar. Ampe nyawa udah melayang... Haha...

Gue: Ooh... Sekalipun status kita ceritanya udah dewasa nih, tetep aja kita terus belajar ya mbak...

Mbak Dhela: Iya... Sama, kamu itu kan suka banget sama challenge. Kamu nyadar ga? Kenapa?

Gue: Ya, saya sih menganalogikan hidup saya dengan game. Life is a game. So, play it.

Mbak Dhela: Nah... Ya jelaslah... Makanya, coba nonton atau baca buku John Nash 'a Beautiful Mind' ya? Di situ kamu bakal nemuin kalau orang2 yang suka sama tantangan, itu gak akan pernah ngurangin tantangannya, tapi... Malahan nambahin tantangannya!

Gue: Oh? Oh iya... Ngomong2, saya ada rencana mau pasca sarjana ke luar negeri... Hmm...

Mbak Dhela: Udah tahu mau apaan?

Gue: Udah tahu sih, mbak... Tapi, tes2 dan kepengurusan administratifnya...

Mbak Dhela: Kalau soal itu mah kamu pasti udah mantap. Otak kamu udah jalan. Tinggal, adaptasinya. Ya, jadi jangan ampe kamu di sana dapet gangguan2 dari bokap kandung, si Tango, dan sebagainya... Jadi, cari terus ya cara2 buat ke sana?

Gue: Ooh, oke mbak.. Hehe...

Mbak Dhela: Iya... Hehe... Sama satu lagi, kalau ada gangguan2 lagi, catet ya... Gimana frekeunsinya, terus gimana kamu mengatasinya... Jadi, ada empat PR nih... Pertama, catet gangguan bila ada.. Kedua, cari tahu medikasi... Ketiga, baca buku John Nash 'a Beautiful Mind'... Sama, cari link buat pasca sarjana di luar negeri... Oke?

Gue: Oke, mbak! Makasih banyak ya! :D

Begitulah kira2 soal gue cerita2. Berkontemplasi tiada henti. Hingga akhirnya pemecahannya ada di Mbak Dhela. Seenggak2nya, berkat berdiskusi dengan beliau, gue jadi punya inspirasi baru buat mengatasi gangguan baru: Neue Haifish.

Kalau2 nih...

Haifish: setiap orang yang dicintai adalah berharga, sangat berharga. Konflik dengan mereka menimbulkan kesedihan yang sia2, bagaikan ikan hiu yang sedang nangis di tengah lautan. Jadinya, air matanya menyatu dengan air laut, sehingga tidak ada satupun yang tahu bahwa ia sedang menangis

Neue Haifish: TIDAK SETIAP ORANG YANG DICINTAI ADALAH BERHARGA, KARENA BELUM TENTU MEREKA MEMBERIKAN PENGHARGAAN KEPADA KITA SETINGGI KITA MENGHARGAI MEREKA :D . Konflik dengan mereka adalah hal yang biasa dan merupakan pembelajaran akan pendewasaan diri. Jadi, gak usah sedih. Tetaplah jadi ikan hiu yang bisa berenang cepat tanpa harus nangis.


Sekian dan semoga bermanfaat! Gue banyak belajar dari kejadian naas tersebut, Alhamdulillah. Thank God, my thanks, Ya Allah Swt... You show me the way... :D

nb: jadi buat bokap kandung, Tango, dst yang seharusnya gue hargai lo semua... Jangan heran kalau gue saat ini gak menghargai lo... Karena, lo sendiri gak menghargai diri gue sih. Salah siapa? Ya salah lo sendiri? Syukkurin. Weee! XD :p

1 komentar: