Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Kamis, 08 November 2012

IQ Jongkok Saat Kuliah Medis

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apa kabar, wahai pembaca? Selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua :D tanpa membeda2kan apakah pembaca itu berasal dari SARA, kedudukan, maupun negara manapun, gue ucapkan sekali lagi selamat malam dan salam sejahtera!

....

Inilah komentar gue pas gue lagi ngejalanin satu kuliah yang paling ingin gue hindari, yaitu Medis. Seperti yang telah gue ceritain di cerita sebelumnya, gue pengen hindarin pelajaran ini karena gue pribadi emang anti IPA dan loyal IPS. Jujur. Udah, gak usah bohong aja.

Dan kesialan itu terjadi pada hari itu... Hari Senin 5 November 2012 yang sama sekali kagak gua sangka2....

Nah, gue tahu sih kalo dosennya ganti, tapi cukup buruk beritanya: ganti dari dosen yang santai ke STRICT. Darn. Gue berdoa banget mudah2an gak terjadi kenapa2...

Gue masuk di kelas dengan kepala yang agak2 berisi... Dengan dua bahan yang ada di kepala.... Tapi ampe sekarang gue gak ngerti sama kedua bahan itu.... Kalo kayak gini nih... Jadi keinget lirik Warkop Kisah Tiga Pemuda...

Ki..sah ini .. tentang tiga pemuda
Yang selalu .. ingin jadi jagoan
Ta..pi sayang .. hanya dalam khayalan
Be...da dengan kenyatan .....

Oke, ini cuma tentang seorang pemuda yang bernama Ardi Pritadi aja sih. Ya, dia selalu ingin jadi jagoan (secara implisit, more action less talk or doing nothing), tapi sayangnya bener2... Beda dengan kenyataan... Walaupun gue tahu banget kalo kenyataan itu dibuat karena relasi kekuasaan (power relation) di antara mahasiswa tingkat tiga yang sering kebelet boker dan ketawa serta minim biaya (baca: gue sendirilah) dengan dosen super normatif alias textbook banget. Ketahuanlah, yang submisif alias pasrah2 aja itu gue, yang powerful itu ya si dosen freak!

Gue tengok kiri kanan. Asu buntung. Bahan kedua yang gue baca BENAR, tapi yang pertama SALAH. Duh, mana dua2nya gak ngerti lagi... Ngeri amat ngelihatnya!

Gue tengok kiri kanan. Semuanya pada baru baca juga. Tapi menurut gue, sekalipun mereka semua dikasih kesempatan - itu adalah tindakan pengecut yang setingkat dengan curang alias menyontek. Yaudahlah, gue juga gak bisa maksain mereka

Bermacam cara .. orang berburu harta
Dari yang halal .. sampai yang tidak halal
Memang dunia .. sudah menjadi gila
Termasuk juga penghuninya

 Jadi, gue mesti jujur dalam konteks ini. Tidak memutarbalikkan fakta bahwa gue sendiri emang baca tapi salah bahan. Kalo kata Warkop DKI: Salah Masuk.

EH, GUE DISURUH PRESENTASI DADAKAN!

"Silahkan, M. Ardi Pritadi dan Tiara maju untuk mempresentasikan review (dadakan)-nya..." Begitu kata Mbak Es U - yang sengaja gue samar2in namanya.

Dengan otak yang apa adanya... Gue maju... Dan setelah Tiara yang cerdas (gak kayak gue: dikit2 IQ jongkok) berhasil mempresentasikannya, giliran gue...

"Saudara Ardi mohon untuk tidak mengulang apa yang dikatakan oleh Tiara. Jadi, lengkapi saja apa yang kurang dari dia..."

Oke2... Gue sih jawab kayak gini...

"Selamat pagi teman2... Sebelumnya, saya mohon maaf... Jujur, saya telah membaca dua bahan, tetapi yang satu benar dan yang satu salah. Yang salah, gue baca bahan XX. Yang bener, tentang YY. Seharusnya, kita membicarakan YY dan WW, dan tentu saja konsekuensinya saya tidak membaca WW. Jadi, agar relevan dengan diskusi kita hari ini, lebih baik saya helaskan dulu ya tentang YY..."

EH, DI-INTERUPSI!

"Eh.. Eh... Maksud saudara apa itu salah bahan? Bukannya sudah saya kirimkan di email ya soal bahan itu? Seharusnya gak mungkin salah donk? GAK ADA ALASAN LAGI DONK?"

Sekali waktu .. dia pingin bekerja
Sambil berlayar .. menambah pengalaman
Ta..pi sayang .. semua serba saleh (
salah, maksudnya)
Karena bloon penyakit dia

....

Gue sih pengen ngejawab kalo emang itu salah gue. Gue juga jujur juga gak lihat satuan acara perkuliahan (SAP), di situ kan dikasih tahu kalo lo mesti ngapain aja di minggu tertentu. Gue gak lihat soalnya gue ada acara keluarga. Dan email yang gue terima, isinya buat minggu depannya lagi (baca: bahan XX) yang notabene BUAT MINGGU DEPAN...

Tapi, seenggak2nya usaha gue dihargain donk?? Walaupun gue salah baca, YANG PENTING KAN GUE BACA? I'VE HAD A FULL EFFORT, AT LEAST! Coba bandingin sama mahasiswa lain: BELUM TENTU JUGA DIA BACA, SEKALINYA KALO MALES BANGET!

Apabila dia disuruh ke utara
Dia pun pergi ke Kulon
Dia bermaksud slalu ingin berbuat baik
Akhirnya kok berantakan
Semua tugas dan kerja jadi rusak

 ....

Gue telah jujur, tapi gue tetep dianggap salah alias gak dihargain. Emang sih, gue tahu kalo jujur itu hanyalah buah produksi dan reproduksi dari pendefinisian atau penjelasan akademik. Sedangkan, PENDEFINISIAN HANYALAH DAPAT DIMENANGKAN MELALUI KUASA YANG TINGGI. LO GAK USAH JUJUR KALO SECARA DISKURSUS LO KALAH..!

Tapi, gue pengen banget (selalu) ngelakuin jujur secara harafiah... Literal...

Dan gue pengen banget dihargain setelah melakukan kejujuran  

Serta, gue share aja... Hal ini sering terjadi ketika gue mulai masuk SMA ampe lulus... Sering banget, gara2 gue gak punya kekuasaan, GUE DIANGGAP BOHONG PADAHAL GUE JUJUR.... GUE DIANGGAP GAK PEKA PADAHAL GUE UDAH MATI2AN BERUSAHA BUAT PEKA (catatan: gue gak peka, gak apa2, tapi gue selalu punya usaha buat memperbaiki kesalahan tersebut loh, ya makanya donk hargain gua!), GUE DIANGGEP ANTI SOSIAL PADAHAL GUE SELALU MENOLONG ORANG (catatan: gue selalu menolong orang karena hal tersebut membahagiakan lahir batin gue baik secara langsung maupun tidak, beneran. Malah kalo gue terlampau baik, musuh2 gue juga bakal gue tolongin. Hayo, mau komen apa??)., dst dst dst!

Siapa yang begitu ke makhluk yang bernama Ardi Pritadi itu?

Tebak saja! -,-

2 komentar:

  1. hahaha, sepertinya saya tahu si dosen Es U.
    Yooh, yang semangat kuliahnya mas bro :)

    BalasHapus
  2. @ Sizt Andi: LOL semua anak antrop pasti tahulah siapa doi.. Ye, gue baru tahu aja gitu kalo sifat-sikap nya emang kayak gitu. Maklum, baru pertama kali ketemu ya mana tahu :) thank you sizt! Semangat buat skripsi dan ke depan2nya! :D

    BalasHapus