Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Senin, 11 Juni 2012

Kayak GTA! (2)

Nah, kali ini kita ke cerita baru ya, teman2 :D

sama seperti yang sebelumnya, gue ke kuliah antropologi pariwisata pada hari yang lain. Jadi, enggak di dalam satu kejadian yang sama ya. Kalo etnografer bilang - kayak bikin journal report atau diary.

Eh, maksudnya?

Ah sudahlah. Lagi males mikir nih gua!

Nah, langsung aja ke cerita.

Pak Dosen : Nah, saudara. Kali ini, saya mau nih ceritain tentang hotel2 yang baik dan yang enggak baik - khusus cuma buat saudara! Haha, soalnya menarik nih.
Gue : ....
Pak Dosen : Silahkan saudara cek hotel2 yang ada di sekitar kawasan *sensoor!* dan yang bernama *sensoor!*. Nah, hotel *sensoor!* ini punya hal2 yang enggak baik nih. Tahu enggak, hotel *sensoor!* ini profit rating-nya sebesar 300 % loh!
Gue dan seisi kelas : ... !!! (ya kagetlah! Aneh banget ada hotel kayak gitu! Laku mulu, maksudnya!)
Pak Dosen : Ya, mengetahui hal yang aneh itu... Saya langsung aja bertanya ke yang bersangkutan. Maksudnya, managernya gitu. Oke, langsung aja nih.

"Pak, ini dengan managernya?"

"Ya betul sekali. Saya manager hotel *sensoor!* ini. Ada apa ya, Pak? Mau menginap di sini?"

"Ooh, oh, enggak. Saya kali ini enggak berkeinginan buat menginap, sih.Tapi, yang saya dengar nih, hotel ini laku banget ya, katanya?"

"Haha, bisa aja bapak. Tapi sih, profit rating-nya mencapai 300% sih!"

"(kaget, jelas!) HA?? KOK BISA BEGITU YA PAK??"

"Iya, mohon bapak jangan panik dulu. Bisa saya jelaskan. Jadi, ceritanya gini nih Pak. Yang biasa datengin hotel ini sih, ciri-cirnya... Kebanyakan pasangan lawan jenis... Ada juga sih yang sesama jenis... Tapi banyakan tuh.. Laki-laki muda sama wanita tua.."

"Loh, bocah laki-laki usia lima tahun sama enci2 gitu Pak?"

"Ya enggak Pak! Maksud saya, pemuda2 gitu sama wanita bertampang.. Senior gitulah..."

".... (dalem hati Pak Dosen: Wah, nih manajer. Langsung aja kenapa: BRONDONG SAMA TANTE GIRANG ALIAS GILA RANJANG --> pendapat gue: Khusus buat 17 tahun ke atas! Kalo ada yang gak masuk ke kriteria, segera datang ke masjid dan bertaubat Kepada-Nya! Gue pribadi gak mau tahu! uhuy! *!?*)

"Nah, saya lanjutin ya Pak. Terus, mereka itu dateng terus menerus. Di sini, ya, biasanya mereka check in pada pukul 08.00 pagi hingga check out pada pukul 11.00"

"... Ya itu mah normal2 aja, Pak!"

"Sebentar Pak, saya belum selese ceritanya! Nah, terus mereka check in lagi loh pada pukul 12.00 !"

"... Wah, aneh banget nih, Pak..."

"Iya, Pak. Lanjutin deh, terus saya dengar dari karyawan2 saya: KOK BANYAK BANGET YA DARAH YANG BERCECERAN DI ATAS KASUR??" --> buat 17 tahun ke atas !!!!

"... !!!"

"Ada apa, Pak?"

"Tidak apa2, lanjutin ceritanya aja Pak, silahkan!"

"Iya, waloupn profit ratingnya gede banget. Tapi, saya menyesal. Secara pribadi, biaya produksi yang mesti dikeluarin itu paling banyak buat: KARYAWAN YANG NGECEK ADA DARAH APA ENGGAK, LAUNDRY BUAT NGEBERSIHIN DARAH, SAMA BENERIN BIAYA KASUR YANG RUSAK -- PER-NYA ITU LOH KOK JADI GAMPANG RUSAK! Wah, Ya Allah, salah apa ya saya -- ngurus hotel aja gak kompeten gini!"

"... Oh, terima kasih atas informasinya ya!"

Setelah mendengarkan excerpt lisan itu, kontan seisi kelas guling2 ngakak luar bi(n)asa!

Akhirnya, gue 'konsul' seperti biasa ke teman2 sejawat tanpa pake jerawat!

Gue : Tuh kan, Mar, Ndro. Bener2 kayak mainin GTA!
Indro dan Damar :  .... !! (cekikikan)
Gue : Bedanya, kalo gue itu, di Vice City Stories, rumah bordil yang gue jadiin mobile hotel (alias motel) dan hotel bintang 5! Hal itu dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan biologis (baca: sexual intercourse) para konsumennya. Kenapa motel? biar konsumen yang udah pada jalan2 banyak bisa melepaskan kelelahannya melalui wadah berupa 'kasur' dan 'pertarungan di atas kasur'. Kenapa hotel? biar konsumen puas sama fasilitas2nya!
Indro dan Damar : HAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAH !!
Pak Dosen : Nah, itu dia, ada yang masih ngakak sama cerita yang tadi saya sebutkan. Coba deh, salah satu sebutin apa yang bisa dipelajarin secara antropologis!
Damar : (tunjuk tangan) Ya Pak! Saya yang ngejawab ya! Jadi, hotel itu sebenarnya dibutuhin buat rangka pemenuhan sexual intercourse. Gak cuma mengibur diri sendiri atau sekedar mencari tempat buat berdomisili sementara karena beberapa alasan seperti dinas, dst. Menurut saya, ini seharusnya ditanggapi secara positif! Menurut saya, ini bisa jadi baik, gitu, kayak yang tadi saya jelaskan.
Pak Dosen : Wah, kalau begitu Anda adalah seorang Durkheimian donk! (baca: penganut aliran Durkheim). Saya salut dengan pikiran Anda yang begitu fungsionalis!

Satu kelas guling2 ngakak gak karuan melenggang kangkung lebih dari apa adanya!

General Law: perkuat konsep mengenai kebutuhan biologis a la Parsudi Suparlan melalui satu permainan rakyat yang disebut Grand Theft Auto! GTA - mainannya antropolog banget! Hwa hwa hwa hwa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar