Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Minggu, 13 Februari 2011

Skenario 1 - Hidup dalam Sosial dan Politik

Assalamu'alaikum Wr. Wb...

Salam sejahtera buat kita semua...

Baik yang membaca maupun tidak membaca tulisan gue...

Baik yang lagi sadar maupun lagi tertidur pulas.. (awas mimpi basah!)

Baik yang lagi updet2 status maupun ngejar pertamax... (hati2 dilirik n mudah2an gue doain minimal dapet GRP, ISO lebih bagus!)

Dan sebagainya...

Nah kawan2.... Gue lagi galau bercampur senang nih...

(Apa itu??)

Iya, jangan ikut2an galau juga kawan. Karena, gue mendapatkan suatu problema yang akan berkelanjutan tetapi mudah2an hal tersebut akan terikis seiring gue dan temen2 gue berjuang untuk meraih kemenangan....

O.K. Kawan, sesuai dengan judul. Skenario...

Sebelum bercerita tentang inti, mari kita bermain2 dahulu di permukaan pembicaraan. Ok? So, sit back and relax, tetapi gue (juga) pengen kawan2 dengerin curhatan gue yang satu ini... (Tokoh : Gue, Khusnul Yuli)
Gue : Hey, Yul!
Yuli : Ey, Ardi. Pa kabar men??
Gue : Alhamdulillah baik2...
Yuli : Gimana, abis liburan panjang... Galau? Atau malah senang??
Gue : Haha, galau bercampur senang Yul! Gue juga gak nyangka kalau liburan kuliah tuh panjang amat!
Yuli : Ooh hehe baguslah..
Yuli (lagi) : Eh, gua mau nanya sesuatu ke elo, Di.
Gue : Apaan ya?
Yuli : Ini nih. Sekedar intermezzo, ciyaelah, sekedar pembukaan.
Gue : Iya, terus..?
Yuli : Kita kan mahasiswa FISIP ya...
Gue : Yoah. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik...

Kawan2. Break dulu bentar ya, gue jelasin secara detail apa itu FISIP soalnya gue pernah dapet kasus kayak gini nih.. (tokoh : Gue, Teller)
Gue : Iya, Mbak.
Teller : Jadi, Bapak bisa tanda tangan di sini.
Gue : Iya, ... (tanda tangan)... Terus...?
Teller : Nah, terima kasih Pak. Silahkan tunggu, Saya sedang memproses ini...
Gue : Oke, Mbak...
Lama2, Mbak2 Tellernya ngajak ngobrol gue. Ciyee... Eh, bukan itu maksudnya! Haduh..!
Teller : Oh, pendidikan terakhir SMA ya Pak?
Gue : Haha, iya Mbak.
Teller : Ooh, sekarang lagi ngapain nih Pak?
Gue : Sekarang lagi kuliah semester dua di FISIP.
Teller : Ooh di FISIP..
Gue : ... (mayan bangga karena FISIP emang terkenal seantero Indonesia! Haha! Hey2, istighfar, jangan takaburlah kau!)
Teller : Hmm.. Pantesan aja ya Bapak tanda tangannya simpel..
Gue : ... Kenapa Mbak? (baca : gak ngerti maksud elo tuh apa!!?)
Teller : Ooh... Karena kebanyakan mikirin..
Gue : ... (gue lagi mikir.. Jangan2 dia mau ngomong 'banyakan mikir sosial politik' makanya tanda tangan aja udah gak dipikirin. Emang sih kalo dipikir2 tanda tangan gue penuh kenistaan...)
Teller : ... SENI RUPA DAN DESAIN YA??
Gue : ...
Teller : Pak??
Gue : ... (Shocked. Jelas banget karena gue dikirain anak yang kebanyakan gambar2..??)
Gue (lagi) : Iya. Lanjut..
Gue (lagi2 lagi) : ... (KENAPA GUE MALAH IYA2IN?? TAPI GUE JUGA BINGUNG MAU NGEJELASIN DARI MANA??)

Sorry2! Balik lagi ke cerita sama Yuli!

Yuli : Nah... Ilmu Sosial...
Gue : Dan Ilmu Politik...
Yuli : Kedua hal tersebut kalo diibaratkan atau dianalogikan secara filsafat...
Gue : Seperti pasangan pacar yang lagi klimaks as known as plerting...
Yuli :Ooh... (sambil nyengir).. Kenapa elo gak analogiin dengan pasangan suami istri..?
Gue : Nggak. Nggak bisa... Karena, ada dua asumsi . Pertama, kalo gue bilang pasangan suami istri, gak seru aja kalo gue bilang, 'bagaikan pasangan suami istri yang lagi ngelakuin hubungan sakralnya'. Emang gue orang mesum apa. Kedua, ilmu sosial dan ilmu politik itu sederajat alias setara...
Yuli : (cekikikan)
Yuli (lagi) : Hah? Emangnya suami istri kagak setara apa??
Gue : Nah, enggak... Makanya, latihlah berpikir yang lebih kritis, Yul! Suami istri itu KADANG DI ATAS KADANG DI BAWAH. Betul?
Yuli : (cekikikan)
Yuli (lagi) : Ah elo Di! Katanya bukan orang mesum...!
Gue : Lah... Elo aja yang gak ngerti maksudnya. Maksudnya kadang di atas kadang di bawah... Dengerin dulu, setop dulu ketawanya, abis ketawa banyak kena asem lambung gak jamin loh gue! Nah, maksudnya tuh, gara2 itu makanya kan ada KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) artinya suami menyiksa istrinya. Ini artinya, si istri submisif sehingga...
Yuli : KEDUDUKANNYA TIDAK SETARA!
Gue : Betul! Seratus buat elo, Yul!
Gue (lagi) : Nah. Masih ada lanjutannya nih Mas Yul! Kebalikannya, kalo si istri lagi berjaya banget ampe2 suaminya sendiri gak bisa ngapa2in.. itu namanya...
Yuli : ISTI! (Ikatan Suami Takut Istri)
Gue : Itu sebutan jadul, yang sekarang dunk biar apdet. Apa hayo..? Dalam lagu aja deh.. Ayo. Kita nyanyi barenk!
Gue dan Yuli : Suuusis! Ouuwoouwwooo Suuussiiis!
Gue dan Yuli : (Ngakak bareng)
Gue : Sehingga...
Yuli : KEDUDUKANNYA TIDAK SETARA!
Gue : Betul! Seratus buat elo, Yul!

GUBRAK! KAYAK GINIKAH ANAK FISIP BERDISKUSI?? OH MY...

Lanjut!
Gue : Nah. Kenapa gue ngeanalogiin sos-pol dengan pasangan kasmaran? Karena mereka itu MESRA - satu momenpun tak bisa ditinggalkan (yah gak seru aja kalo adegan 'penting' dilewatin, haha!). Kedua, mereka itu setara - udah gak mikir perbedaan lagi...
Yuli : Gak yang satu di atas yang satu dibawah lagi yaa...
Gue : Iya dah itu! Seperti itu kira2... Asumsi dari gue... CMIIW ya gan...
Yuli : Perlu cendol biar dapet ISO, gan?
Gue : Enggak. Cukup elo sundul aja. Maklum, gaet GRP segede gaban udah puas hati gue, Alhamdulillah..

*Bentar2.. Kok malah ngomongin Ka*ku*??

Yuli : Hmm... Inilah masalahnya Di..
Gue : Kenapa? Jawaban gue salahkah? Ok, let's correct it together!
Yuli : Enggak, asumsi elo udah bagus, tenang aja! Gini loh... Kalo elo bilang sos-pol bermasalah... Secara teoritis...
Gue : Iya...
Yuli : KENAPA PADA PRAKTIKNYA ENGGAK?
Gue : Ngerti. Kenyataannya...
Yuli : Iya, yang namanya politik itu KEJAM.
Gue : Bisa dibilang kalo sosial itu white side-nya politik kah?
Yuli : Gak juga Di...
Gue : Ngerti. Nah itu dia..
Yuli : Itu dia apa??
Gue : Politik secara definitif sebenernya ilmu untuk memasyarakatkan dengan baik. Sedangkan sosial kan artinya teman - yang ujung2nya akan menjadi suatu kelompok sosial minimal masyarakat...
Gue (lagi) : Yang jadi masalah itu. Ya, benar apa kata elo, teman! Politik di saat ini, menjadi suatu konteks negatif - yang berbeda banget sama arti secara definitif tadi! Banyak yang bilang kalo gara2 politik itu, pemerintahan yang nontransparan (banyak korupsi dan gajebo alias gak jelas bo), skandal kek, ini itu kek, dan segala macem...
Yuli : Yes... You're right..
Gue : (Ngelihat sebelah kiri gue. tadi dia bilang apa, kamu kanan?).. Nah, lanjut. Seharusnya pula, apabila ada politik akan berefekasi lebih baik. Dampak yang baik gitu. Tapi sayang, bisa kita lihat kenyataannya. Berita mengenai olahraga di politisasi... Pendidikan juga dipolitisasi...
Yuli : Yep2 bener banget...
Gue : Tapi, kita tidak bisa menghentikan sistem ini kecuali mereka semua yang berkuasa untuk memotori sistem ini TURUN. Contohnya aja pas kita reformasi atau pas kita lihat keadaan Mesir yang sekarang ini sedang gegap gempita... (People of Egypt... Congratulations and we hope that your reformation will bring the brighter future...!)
Yuli : Nah...
Yuli (lagi) : Tapi masalahnya, kembali lagi kepada fakta...
Gue : Iya. Fakta ketika yang hanya berkehendak memotori semua hal yang (seharusnya tidak) kotor... Adalah mereka semua...

Nah... Kita punya kesimpulan bahwa...

Faktanya, buat kita semua yang hidup hingga saat2 ini...

Politik itu kejam! Dan manifestasinya dalam kehidupan sosialpun juga dianggap kejam!

2 komentar:

  1. hahahah ardiiii ya pikirannnyaa ckckck wakakaka

    BalasHapus
  2. wakakakaa Astaghfirulloh yang kelewatan jadi kebablasan daahh XD

    Thanks ya komennya, btw kalo elo mau sariin atau kritik tulisan gue jg most welcome looh, krn gue butuh hehe :D

    BalasHapus