Ayo Berjuang

Ayo Berjuang
Pantang Mundur

Kamis, 28 Oktober 2010

Khalayan Komedi : Radio

Assalamu'alaikum Wr Wb!
Alhamdulillah. Assolatu wassalamu alal asrofil ambiya i walmursalin. Sayyidina muhamadan abduhu warosuuluh. Laa nabiyya ba'da. Semoga tulisannya bener ya. Dan sekali lagi maaf buat yang nonmuslim. Dan lagi2 lagi, boleh banget buat ngucapin doa sesuai dengan kepercayaan masing2 sebelum membaca, atau memulai aktivitas sehari2. Oklah kalo begitu, gue ngutip dulu dari Warteg Girls ya. EEH SALAHH... Kan, salah lagi tuh gue. Warteg Boys ya maksudnya. Haduh2, gimana sih pengarangnya...

Tanggal 27 kemaren merupakan hari yang cukup bersejarah bagi gue. Karena :
1. Kakak pertama gue ultah. Kakanda tercinta, eehehe. Selamat ultah ya kak. Tadi ngucapin selamatnya sambil ngumpulin nyawa gitu. Terus, nyanyiin happy birthday-nya ancur pula, udah gitu aku pake gitar notasinya banyak banget yang salah. Haduuhh repot ya punya adek yang begini. Sabar aja ya kak. Tapi sekali lagi... Selamat ultah ya kaak :D
2. Katanya, hari itu adalah hari blog dunia ya? Gue denger di radio XXXX (Bukan disensor, tapi gue lupa radio apaan ini. Maklum, walopun gue berusia muda tapi gue mayan pikun). Jadi, bagi semua blogger yang ada di dunia ini, dan segala pemeran dalam dunia blog, yang telah berjasa, SELAMAT HARI BLOG!! Sukses terus bersama blog ya kita2 semua. Buat yang gak ngeblog atau baru mau ngeblog, sukses juga looh buat elo2 semua... Aamiin!

Lalu, tanggal 28. Tentu saja ini gak bisa main2. Sejarah emang sudah ngomong, kalo ini adalah hari yang penting banget buat kita semua, bangsa Indonesia, khususnya para pemuda dan pemudi... Bangun pemudi pemuudaa... Indoneeesiaa... Ehehe, jadi malah nyanyi nich... Gapapalah, sekali2 kita semua para pemuda harus menunjukkan rasa kebangsaan kita dimulai dari hal yang kecil2 saja... Walaupun harapannya memang setiap hari kita semua harus melakukan kontribusi buat bangsa dan negara...
Walaupun itu adalah hal yang kecil, dan memang sesuai dan sebisa dalam bidang kita tentunya...
Eh, ayo! Tanggal 28 hari apa nih ayo?? SUMPAH PEMUDA!
Bagi semua pemuda di Indonesia, gue ucapin selamat yaa... semoga kita semua mampu melakukan kontribusi buat bangasa tercinta... Aamiin...!

Terus. Di saat ada suka pasti juga ada duka... Sebenernya gak pasti juga sih...
Namun, pas banget waktunya. Ini loh yang gue bingungin....

Gue... Ngerasa gak enak hati banget... Ngeliyat bencana2 yang melanda tanah air tercinta kita di berbagai tempat. Ada beberapa list yang gue tahu nih... :
1. Banjir Wasior, Papua Barat
2. Jakarta macet dan banjir super duper parah banget sekali.... Tanggal 23 ya, kalo gak salah. Astaghfirulloh. Malahan ampe daerah yang notabene gak kena banjir malah jadi ikutan banjir segala... Haduuh...
3. Gempa bumi
4. Tsunami di Mentawai, sebelah Sumatera Barat... Katanya ada sekitar empat ampe tujuh pulau, tapi kurang tahu juga, yang kegiles habis... Karena hempa kekuatan sekitar 7 SR dan tsunami itu 7 Meter... Ya Allah...
5. Merapi. Ooh, kenapa engkau murka (kembali)? Trus gimana kabarnya Roro Jonggrang?? Apakah beliau murka lagi, terus kenapa Mbah Maridjan dan kawan2 di sana yang kena sama kemurkaanmu?? Ya Allah. Perlunakkanlah Merapi dan Roro Jonggrang. Sungguh, mereka semua bakalan lunak Atas Namamu Ya Allah...
6. Dan lain sebagainya yang gak bisa gue sebutin...

Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun... Ya Allah, perkuatkanlah kesadaran buat bangsa dan negaraku tercinta... Apabila kami banyak terkena musibah karena diri kami gak sadar2... Maka sadarkanlah hati kami... Berikan kami petunjuk supaya kami sadar terus.. terus sadar...

Ok2... Gue juga gak lupa sama tugas gue. Yaitu, nulis cerita komedi.. Kumohon, buat yang sekarang sedang berduka, gue lagi gak enak banget. Maka, selain ucapan duka, kumohon juga, tetaplah tabah menerima cobaan... Gue yakin... Kita semua... PASTI BISA!


Weew....

Gue gak habis mikir ini... Dah...

Gak habis mikir apan? Yaa... Sesuai dengan judulnya... Radio...

Tentang apa? Tentang gimana caranya buat kita biar jadi penyiar radio gitu. Jujur aja, selama ini gue juga penasaran jadi penyiar radio. Soalnya, seru aja gitu. Dia itu yah.. Mirip2 kayak lembaga yudikatif giut kalo yang gue pelajari di Dasar2 Ilmu Politik... Dia punya kayak sistem imunitas alias kekebalan... Jadi, walopun dia menyatakan, misalnya, salah satu lembaga eksekutif maupun legislatif bersalah, namun dia tetep gak diapa2in. Gak diancam, dipotong gajinya, atau malahan dipecat. Berarti, pembela kebenaran punya hak untuk itu! Baguslah...

Eh, kok malah jadi ngomongin ilmu politik ya?

Lanjutin ke cerita gue...

Iya, gue lagi ngebayangin aja nih teman2. Bayangin, jadi penyiar radio juga punya kekebalan yang hampir identik dengan lembaga yudikatif. Walopun ngomongnya nyerocos (malah kadang2 asal2an), tapi tetep aja tuh mereka semua (yang jadi penyiar radio) ampe sekarang, ampe hari gini tetep aja kerja...

Apalagi radio yang nyediain penyiar radio yang lucu2.. Wah, itu manteb banget dah... Gue bener2 salut...

Jadi, hari ini nih. Gue pake kesempatan yang emas ini... Buat... Gimana ya kalo gue berandai2 jadi penyiar radio... Aaseekk...! Mulai saja!

Nama Radio : 0.00 asal saja FM
Motto/Tagline : oh poin ooh OOUUH! Komedi bersuara dengan asal saja..!
Penyiar : M. Ardi
Pemilik : Mr. YY

Oh poin ooh OOUUH! Kembali lagi bersama saya, Muhammad Ardi Pritadi di Radio FM : Asal Saja!
Ya... Baiklah... Pendengar setia....
Setelah mendengar lagu tadi, Saya jadi ingin berbagi kisah kepada pendengar, nih. Saya waktu itu kan pengen naik travel di Bintaro. Sedangkan, tujuan Saya adalah ke Bandung. Perjalanan memang kerasa lama. Karena, walaupun rumah saya berada di sektor tiga, lalu travel tersebut berada di sektor lima, saya merasa capek banget. Karena, saya jalan kaki. Sesampainya di sana, saya ingin mengamputasi kaki saya. Huff

*Ya iyalah. Siapa suruh jalan kaki? Bukannya situ malah capek sendiri?

Lanjutkan ya pendengar. Makanya, Saya dengan setia menunggu travel yang ditungu2. Saya juga tidak lupa membeli batagor, siomay, dan es teh manis di sana. Emang ada restoran di sana? Gak ada. Tapi ada tukang siomay yang (kebetulan saja) lewat. Setidaknya, ya pendengar, kan ada juga yang menghapus rasa laper dan haus. Hmm sedap dan nikmat mewarnai Saya pada malam itu. Iya, Saya saat itu ingin jalan ke Bandung pas Malem2 juga, hari X tanggal ZZ bulan OO tahun YYYY .... Malem itu juga penuh kenangan... Karena, sembari Saya menunggu travel Saya, walopun travel tersebut lamanya luar biasa, namun Saya tetap setia, bagaikan seorang suami yang menunggu istrinya yang lagi shopping sepatu, baju, dan segala macemnya, walopun dalem hatinya garink parah dan pengen ngomong kayak gini ya pendengar...
"OOYYYY SAAYAAANNGGG KAPAN SELESEENYAA?????"
Aaahahahaha!
*Hey, kok malah ngomongin suami istri? Gue menganalogikannya dengan hal yang (jelas2) salah nih!
Iya, kenangan yang ada saat Saya menunggu travel saya ada. Yaitu, setelah saya makan2, saya ngeliyat ada tukang ojek lagi versus sama temennya. Mereka lagi main catur. Wah, dengan antusias Saya juga mengajak tukang siomay Saya buat ikut2an pertandingan itu. Manteb deh. Ternyata, bales jasa gak cuman berhenti di pembayaran makan dan minum gue... Walopun gue tahu... Mahal banget, kalo dalem ukuran uang jajan gue... Gue jadi kepikirian buat makan2 dan segala macem gue nih.. Orang nanti pas naik travel duit ngurang (lagi), trus pas nyampe Bandung gimana ya? OH IYA! Katanya nyokap gue mau ngirim duit lewat ATM gue! ASSEEKK!!
*Hm? Kenapa malah ngomongin urusan pribadi gue? Udah gitu, dari nada bicara gue kayaknya gue lebih jadi kayak anak ayam ilang lagi nyari induknya ketimbang traveller...
Dan, setelah mengetahui hasilnya (kan terdiri dari empat peserta tuh...).. Jadinya..
Tukang Ojek : HORE! GUE JUARA PERTAMA!
Temennya Tukang Ojek : AHLAH! MAYAN DEH, JUARA DUA GUE!
Tukang Siomay : Wah3. Gue dapet juara tiga..
Gue : Gue (kembali lagi) jadi JUARA HARAPAN....
GABBRUUKK!!
Setelah sekian lama menanti, akhirnya Saya melihat travel saya. Saya langsung saja naikin tuh benda gede yang punya roda empat. Akhirnya, setelah Saya melihat lama2. Ada yang hambar nih. Saya sudah duduk, tapi kayaknya ada sesuatu yang aneh. Ciri2 travel hari ini kok beda banget ya...? Kan ciri2 travel kayak gini...
1. Gak ada tempat buat berdiri, pasti pada duduk semua
2. Tempat duduk sedikit
3. Mayan kecil. Yah, kira2 kayak micro bus agak gedean dikitlah..
Travel hari ini tuh kayak gini nih...
1. Ada tempat buat berdiri, malah sekarang gue lagi berdiri, nikmatin fitur baru, kali gitu, darpada gue bilang sungai gitu
2. Tempat duduk banyak juga, lebih daripada biasanya
3. Mayan gede. Lah? Beneran nih??
Daripada saya bingung sendiri, ya pendengar, Saya mendingan langsung aja bertanya ke supir. Tahu2nya... (Tokoh : Supir)
Gue : Pak!?
Supir : Ya!?
Gue : Sekarang hebat ya, lebih gede, ada tempat buat berdiri, dan segala macemnya..
Supir : ....
Gue : Terus, sekarang badan mobilnya diperbesar pula! Wah3, sekarang perusahaannya udah ngalamin berbagai kemajuan ya Pak. Saya salut!
Supir : Iya Pak (Maksud : Saya gak ngerti apa yang elo omongin!)
Gue : Oh iya, Pak. Ini tujuan selanjutnya ke Bandung kan Pak?
Supir : BAPAK DARI TADI NGOMONGIN APA AJA SIH?? KOK ANEH2 BANGET!
Gue : Lah, kenapa Pak??
Supir : Tujuan selanjutnya abis ini ke Jakarta Selatan Pak... berhentinya di terminal Pondok Indah...
Gue : HAH!? Maksud Bapak!?
Supir : Iya, lah. Ini kan TRANSJAKARTA.
Gue : .....
Supir : Ada yang ingin Bapak tanyakan lagi..??
Gue : TTIIIIIIDDDAAAAAAAKKKKKKK !!!!!!!
Seluruh penumpang bus : @!&$%^*#*^!%#&*(*&%#%^#!%#% ??????
GUBRAK!
Huuhu... Maka, mengutip dari pengalaman Saya, maka ada beberapa tips unuk pendengar nih. Yah, apalagi buat pendengar yang (ternyata, syukur2 iya) suka naik Travel... Maka :
1. Pastikan rodanya ada berapa. Kalau rodanya hanya dua, berarti itu ojek. Kalau rodanya tiga, berarti itu bajaj. Kalau rodanya ada dua lengkap dengan kuda disertai kusirnya, itu namanya delman *!? . Terus, kalo rodanya ada empat... Bisa bener, bisa juga salah....
2. Pastiin juga isinya. Gede apa enggak. Kalo gede dan ada tempat buat berdiri, berarti itu transjakarta. Tapi, kalo itu rode empat isi kecil banget, dan gak ada tempat buat berdiri, cuma buat empat penumpang aja, itu namanya Taksi...
3. Jadi, isinya mayan gede tapi gak gede2 amat. Biasanya, kursinya dobel. api ada juga yang sendiri2. Tergantung Anda ingin memakai Travel yang mana tentunya...
Itulah tadi beberapa tips untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk ke depannya. Dan semoga, pendengar juga gak ikut2an salah kayak Saya. Cukup Saya saja yang merasakannya... Huu~uuu!
Baiklah. Sekarang, mari kita dengarkan lagu selanjutnya. Lagu ini Kami ambil dari request Bapak XX di Kota YY. Baiklah Pak, terima kasih banyak atas requestnya, sekarang akan Kami putarkan ya Pak lagu tersebut. Baiklah, pendengar! Mari, kita nikmati lagu berikutnya, yaitu, Kuburan dengan judul Lagu Lupa Lupa Ingat... Oh poin Ooh OOUUH! Komedi bersuara dengan asal saja!
Zztt Ctek2! (bunyi tep rekorder)
Lagu Kuburan Band - Lupa Lupa Ingat

Le mari mari rame rame kita kumpul tapi gak kebo
Le bukan nyanyi tulo tulo mari kita nyanyi yo

*
Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya
Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya
Ingat, ingat ingat ingat, cuma ingat kuncinya
Ingat, aku ingat ingat, cuma ingat kuncinya

**
C A minor D minor ke G ke C lagi
A minor D minor ke G ke C lagi
A minor D minor ke G ke C lagi

Back to *, **

C A minor D minor ke G ke C lagi
A minor Demi Moore kece ke C lagi
A minor D minor ke G ke C lagi
A minor D minor ke G ke C lagi
A minor D minor ke G ke C lagi
A minor D minor ke G ke C lagi

Nah abis dari C kita kemana nih,
Sudahlah kita ke C lagi saja (ke C lagi) jangan pusing-pusing
Tau nih kayaknya ke C lagi aja (ke C lagi) jangan ngikutin teruslah
Berantakan ini yang dapet (ke C lagi)
Ey yang bener udahlah ganti ini
Ke C lagi ke C lagi (ke C minor)

BRUAKH!!
Hasil Muktamar : Apakah Anda sekalian pembaca, bukan pendengar loh, yakin bahwa Prof. Dr. Der Molor Muhammad Ardi Pritadi, S.Tdr, M.MMI akan menjadi penyiar radio komedi terbaik? Yah.. Mudah2anlah... Berharap lah selagi bisa... #!?#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar